Cara Download

Klik judul lagu yang anda inginkan dan klik read more di setiap bagian bawah atau samping gambar, silahkan ambil lirik lagunya gratis hanya untuk Anda. Jika ingin melihat daftar lagu, lihat kolom arsip blog.

Rabu, 16 Juni 2010

Masjid Al - Akbar Surabaya

Masjid Al - Akbar Surabaya merupakan salah satu masjid terbesar di Surabaya dan Indonesia. Masjid ini dibangun diatas tanah yang disediakan Pemda Surabaya, dari tanah peruntukan fasilitas umum, ditambah lahan sawah penduduk yang telah dibebaskan hingga luasnya mencapai kurang lebih 11,2 hektar yang lokasinya terletak di Kawasan Pagesangan Sirabaya Selatan, di tepi jalan tol. Keberadaan masjid ini juga sangat khas sebagai gerbang kota Surabaya dari arah Bandara Internasional Juanda.

Dari desain arsitektur yang dikerjakan oleh Tim Institut Teknologi Surabaya dengan konsultan ahli yang telah berpengalaman banyak membangun masjid - masjid besar di Indonesia maupun di luar negeri. Pelaksanaan mulai dilakukan dengan loading test untuk mengetahui sejauh mana kekuatan beban tanah, kemudian langkah selanjutnya adalah menentukan arah kiblat. Untuk kelancaran pembangunan masjid, berdasarkan rekomendasi dari Departemen Perhubungan dan Departemen Pekerjaan Umum membuka tol menuju masjid, untuk mengangkut alat - alat berat yang tidak bisa melalui jalan pemukiman penduduk.
 
Masjid ini memiliki 45 pintu dengan daun pintu ganda yang berarti dibutuhkan 90 daun pintu dengan ukuran lebar 1,5 meter dan tinggi 4,5 meter. Pintu terbuat dari kayu jati yang didatangkan khusus dari Perhutani dan dibuat oleh para pengrajin di Surabaya. Kusen dibuat dari rangka besi lapis kayu yang dihubungkan ke engsel maupun slot yang telah diselaraskan dengan struktur dan estetika masjid. Karena berat daun pintu ini lebih dari 250 kg maka engsel didesain dan dibuat secara khusus. Marmer dari Lampung dipilih untuk pelapis dinding dan lantai ruang utama, sehingga dukungan dari lantai terasa sekali dan ruangan menjadi sejuk.

Mimbar dibuat dengan ketinggian 3 meter untuk mendukung kemantaban khotbah. Agar tercipta nuansa khas, mimbar diberi ornamen Madura yang digarap para pengrajin dari Madura. Untuk bagian Plaza dibangun dengan konsep kesatuan antara estetika lingkungan dan fungsi plaza sebagai lapangan ibadah. Untuk ibadah tertentu seperti sholat Ied dan lain - lain. Luas plaza meliputi kurang lebih 520 m2 dengan bahan lantai paving stone, yang didesain khusus untuk masjid Al- Akbar Surabaya, motif desain dibuat sesuai dengan ornamen arsitektur masjid, garis motif dibuat sejajar dengan garis saf didalam masjid.

Home|Lagu Gratis|Persebaya|Tips dan Trik|Cerpen|Surabaya

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar apapun tentang blog meupun artikel saya but no spam, no porn....oke my fren =)

Sebagian besar lagu yang ada di blog ini bersumber dari : www.gudanglagu.com

Iklan Baris